Uchip21adv’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Mengubah Keadaan Sekolah Kita?

. Mengubah paradigma sekolah

  1. Sekolah, saat ini, harus dipersepsi sebagai bukan satu-satunya tempat untuk belajar. Belajar bisa dilakukan di mana saja. Di mall, rumah, panggung teater, sirkuit balapan, laut, pegunungan, pabrik pesawat terbang, pabrik tahu, dan di mana saja, kita, terutama anak-anak kita, bisa belajar.
  2. Sekolah, pada masa kini, harus lebih banyak memberikan ke peserta didik pelbagai macam cara atau “alat” belajar. Peserta didik jangan dibebani lagi dengan materi pelajaran atau PR-PR yang sifatnya melulu kognitif. Mereka harus dibekali dengan cara-cara belajar agar bisa belajar mandiri dan belajar di luar dinding-dinding sekolah alias belajar secara praktik.
  3. Sekolah, juga sebisa mungkin berusaha membangkitkan minat dan motivasi anak didik untuk mau dan habis-habisan belajar. Sekolah harus menunjukkan contoh konkret (ketemu dengan para orang sukses akibat belajar dan teladan-teladan belajar yang memang hebat-hebat) tentang kesuksesan.
  4. Sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Membangun emosi positif, harus dirancang segera oleh sekolah agar tercipta. Tanpa kesenangan (bukan hura-hura) atau tanpa hati anak didik merasa nyaman, bebas, riang (tidak tertekan, terancam, takut, dsb), agak susah rasanya menjalankan pembelajaran secara efektif.
  5. Sekolah, kalau bisa, berusaha untuk memenuhi kebutuhan murid. Ini terutama berkaitan dengan gaya khas mereka belajar. Setidaknya, kalau bisa menyediakan tiga media belajar dalam bentuk modalitas VAK (visual, auditori, kinestetik) sudah cukup.

B. membekali guru

  1. Guru harus dapat menjadi contoh atau teladan belajar di sekolah yang sukses! Guru, senantiasa mau dan mampu terus menerus belajar apa saja dan di mana saja. salah satu cara termudah adalah guru harus mau menyiapkan secara serius buku-buku yang layak dibaca dan kemudian membawa buku yang bermanfaat itu setiap kali mengajar.
  2. Guru harus dapat menjadi contoh atau teladan belajar di sekolah yang sukses! Guru, senantiasa mau dan mampu terus menerus belajar apa saja dan di mana saja. salah satu cara termudah adalah guru harus mau menyiapkan secara serius buku-buku yang layak dibaca dan kemudian membawa buku yang bermanfaat itu setiap kali mengajar.
  3. Guru harus bertindak sebagai “mitra” yang senantiasa mendukung dan “membombong” anak didiknya. Guru harus belajar memilih kata-kata yang dapat memberikan sugesti positif, dan berusaha keras tidak mengeluarkan kata-kata yang bernada kecaman. Kalau toh guru harus menegur dan memarahi murid, dia harus berusaha untuk tidak menjatuhkan harga diri sang murid.

C. Menata Lingkungan Sekolah

  1. Lingkungan sekolah perlu didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan seluruh potensi indra seorang anak didik belajar dan berkembang.
  2. Sediakan lapangan olahraga yang nyaman dan menyenangkan, serta juga panggung seni. Body smart, music smart, nature smart sudah saatnya dihargai di lingkungan sekolah.
  3. Dominasi belajar di kelas harus segera dipatahkan. Usahakan anak didik mengecap dan merasakan lingkungan yang lebih luas ketimbang ruang kelas pada saat belajar
  4. Ciptakan di lingkungan sekolah seperti pasar, bank, atau apa pun yang membuat anak didik dapat mempraktikkan hasil belajarnya di kelas.
  5. Lingkungan sekolah dan seisinya harus memberikan “makna” kepada para peserta didik. Di sekolahlah mereka sebenarnya dididik untuk hidup yang sebenar-benarnya.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: